Tips Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

Tips Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

Bingung bagaimana cara menambah berat badan dengan cepat ? perlu kamu ketahui tak ada yang instant di dunia ini apalagi soal menambah berat badan. Tapi tenang saja,disini akan kita bahas bersama-sama menganai bagaimana cara alami menambah berat badan agar nantinya mendapatkan berat tubuh yang ideal.

Mempunyai berat badan yang ideal memang merupakan suatu kebanggaan tersendiri untuk kita sebagai manusia.Apalagi bagi seseorang yang memiliki postur tubuh yang kurus pasti ingin sekali menambahkan berat badannya agar tidak diejek lagi oleh orang-orang disekitarnya.

Cara Menambah Berat Badan

Jika kamu ingin menambah berat badan, faktor terpenting yang harus Anda perhatikan adalah pola makan dengan nutrisi yang mencukupi.nah berikut ini ada beberapa tips seputar menambah berat badan yang sudah terbukti kebenarannya.

Makanan untuk Menambah Berat Badan

Untuk menambah berat badan, Anda harus mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi seimbang, yaitu makanan berprotein tinggi, karbohidrat tinggi, dan lemak sehat.

Sumber Protein
Anda bisa mendapatkan sumber protein hewani seperti dada ayam, tuna, salmon, dan daging segar. Anda juga bisa menambahkan whey protein untuk meningkatkan asupan protein harian Anda. Jika Anda vegetarian tersedia pula sumber protein nabati seperti kacang ijo, kacang tanah, polong, kedelai dan olahannya.

Sumber Karbohidrat
Karbohidrat diperlukan sebagai bahan bakar utama dalam beraktivitas, terutama pada saat Anda latihan beban. Sumber karbohidrat terbaik bisa Anda dapatkan dalam roti gandum, beras merah, dan ubi, yang mengandung karbohidrat kompleks untuk energi lepas berkala.

Sumber Lemak
Untuk menambah berat badan, Anda juga membutuhkan asupan lemak sehat. Lemak sehat bisa Anda dapatkan dari beberapa jenis ikan seperti, salmon, sarden, herring, makarel dan tuna, yang kaya akan asam lemak omega-3. Lemak pada ikan sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan, perkembangan fungsi otak, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Anda juga bisa mengonsumsi buah alpukat sebagai sumber lemak sehat. Selain daging buahnya yang gurih, alpukat juga mengandung lemak baik (HDL). Kandungan lutein pada alpukat berguna untuk meningkatkan kualitas kesehatan mata dan kandungan klorofilnya merupakan sumber antioksidan.

Tambahkan pula susu penambah berat badan (gainer) yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di sekitar Anda. Namun pastikan terlebih dulu bahwa gainer yang akan Anda konsumsi telah teruji secara klinis dan aman bagi kesehatan Anda.

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

1. Makanlah lebih sering
Cara menambah berat badan yang sering kali keliru adalah jumlah asupan yang anda konsumsi. Anda mungkin berpikir menambah jumlah atau porsi makan anda untuk sekali makan akan menambah berat badan anda. Hal tersebut keliru. Dengan anda mengonsumsi porsi yang berlebih, lambung akan bekerja ekstra dan justru memicu anda mengalami peradangan lambung. Cara menambah berat badan yang benar yaitu dengan memperbanyak frekuensi makan anda. Makanlah porsi sedang 5-6 kali setiap harinya, jika dibanding mengonsumsi 2-3 kali porsi besar setiap harinya. Dengan sering makan, kalori anda akan terbakar dan menjadi massa otot bukan lemak.

2. Hindari junk food dan alkohol
Bagi anda yang berpikir bahwa dengan mengonsumsi junk food berlebih anda akan gemuk, hal itu keliru. Mengonsumsi junk food seperti pizza, burger, dan junk food lainnya justru menjadi cara menambah berat badan yang salah. Anda akan beresiko terserang penyakit jantung karena kadar kolesterol jahat di darah tinggi. Junk food mengandung sedikit kalori dan banyak lemak. Alkohol juga mengandung sedikit kalori yang tidak menambah berat badan anda secara signifikan. Alkohol akan membuat lambung anda terisi gas dan justru terasa penuh sehingga nafsu makan anda akan berkurang.

3. Hindari minum sebelum anda makan
Tips ini adalah salah satu cara menambah berat badan yang dapat anda terapkan. Bila anda terbiasa minum sebelum makan, sebaiknya hindari kebiasaan ini. Dengan minum sebelum makan, anda akan merasa kenyang dahulu sehingga porsi makan anda justru berkurang. Rubahlah kebiasaan anda yang satu ini bila ingin tubuh anda ideal.

4. Mengkonsumsi jus dan ngemil makanan berserat
Cara menambah berat badan yang satu ini cukup mudah. Sering-seringlah mengonsumsi jus, terutama jus yang mempunyai kadar karbohidrat dan serat tinggi seperti alpukat. Hindarilah mengonsumsi alkohol, kopi dan minuman bersoda yang justru mempunyai nilai kalori rendah. Minumlah jus rutin sekali sehari, dan segeralah minum setelah dibuat agar vitaminnya tetap terjaga. Kebiasaan ngemil saat anda senggang juga dapat membuat anda gemuk. Makan sebelum tidur juga dikenal menjadi faktor penyebab kegemukan. Namun perlu anda ingat, cara menambah berat badan yang benar yaitu dengan ngemil atau makan makanan yang berserat, seperti gandum, roti dan biji-bijian dan bukan makanan ringan yang tinggi kadar garamnya. Bukan tubuh ideal yang anda peroleh, melainkan penyakit yang dapat anda dapatkan.

5. Rajin berolahraga
Hindarkan pemikiran bahwa berolahraga membakar lemak dan justru membuat anda kurus, bukan cara menambah berat badan anda. Ada beberapa olahraga yang dapat menambah massa otot seperti push-up, jogging dan angkat beban.

6. Istirahat yang cukup

Cara menambah berat badan yang terakhir ini cukup penting, namun jangan anda remehkan. Tidur dapat memberi waktu tubuh anda untuk rileks dan beristirahat. Selain itu kebiasaan begadang dapat membuat anda kurus dan justru kurang baik bagi kesehatan anda.

Sumber : (duniafitnes.com,makpono.com)


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by kampret, Published at 7:54 AM and have