6 Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

6 Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

Ketika bangun tidur tiba-tiba mengalami sakit kepala, kita pasti pernah mengalaminya, tidak jarang karena rasa sakit itu terasa mengganggu hingga membuat Anda malas untuk bangkit dari tempat tidur. Sebagian dari kita mungkin merasa bingung mengapa mengalami sakit kepala saat bangun, padahal ketika bergegas tidur tidak memiliki tanda-tanda akan mengalami sakit kepala.


Rasa sakit pada kepala saat bangun tidur disebabkan oleh beberapa hal. Berikut adalah beberapa alasan yang umum yang menyebabkan rasa sakit di kepala.

Dehidrasi 
Kekurangan cairan pada tubuh bukan hanya menyebabkan tubuh menjadi lemah, namun akan menyebabkan rasa sakit pada kepala saat Anda bangun tidur. Sebab otot-otot yang berada dalam tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup untuk menjalankan segala fungsinya.

PolaTidur 
Salah satu faktor penyebab utama sakit kepala saat bangun tidur adalah gangguan pada pola tidur. Perasaan stres dan gaya hidup yang cepat, menyebabkan banyak orang terlambat tidur. Tidur yang tidak nyenyak dan tidak memadai dapat menyebabkan otot-otot menjadi tegang sehingga terasa sakit di kepala saat bangun tidur.

Psikis 
Pernahkah Anda mengalami mimpi buruk ? Lalu Anda tersentak dari tidur ? Tersentak dari tidur karena mimpi buruk, menderita depresi, kecemasan dan stres juga menjadi beberapa alasan sebagian orang menderita sakit kepala kala bangun tidur.

Sinusitis 
Ulah bakteri yang terdapat di dalam rongga sinus menjadi salah satu faktor penyebab sakit kepala. Sakit kepala migrain adalah salah satu efek infeksi sinus yang dapat menyebar ke bagian lain.

Sleep Anea 
Pernahkah Anda mengalami sleep anea ? Sleep anea adalah kondisi dimana pernapasan terganggu saat tidur dan otak akan memberikan tanda mengenai kekurangan udara di paru-paru. Hal tersebut menyebabkan orang terbangun pada saat tertentu untuk memulai bernapas dengan normal lagi, sehingga pada akhirnya berdampak sakit pada kepala.

Tensi 
Pembuluh darah yang melebar dapat meningkatkan tekanan aliran darah. Peningkatan tekanan ini dapat menyebabkan otot-otot menjadi tegang sehingga menderita sakit kepala.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by selawe cuk, Published at 11:58 AM and have