Cara Mudah Mengendalikan Nafsu Makan

Cara Mudah Mengendalikan Nafsu Makan

Cara Mudah Mengendalikan Nafsu Makan Yang Tinggi - Nafsu makan yang besar dan tak terkontrol akan mendorong seseorang menjadi obesitas dan mengundang masuknya berbagai penyakit ke dalam tubuh. Nafsu makan yang tidak terkendali bisa diredam dengan cara-cara yang sederhana. Apabila nafsu makan anda besar dan anda ingin mengendalikannya, simak beberapa tips berikut ini.


1. Kenali Pemicu
Mengenali pemicu nafsu makan yang tidak terkendali bisa mencegah anda untuk makan yang berlebihan. Buatlah daftar makanan yang anda makan selama seminggu. Catat juga hal-hal yang membuat anda stres, suasana hati berubah menjadi buruk, dan seberapa lapar anda sebelum makan.

2. Jangan langsung makan ketika stres
Ketika stres, kita cenderung mempunyai nafsu makan yang tinggi dan tidak terkendali. Oleh sebab itu, jangan ikuti keinginan untuk makan ketika anda sedang stres. Apabila keinginan untuk makan datang, tunggulah setidaknya selama 20 menit, kemungkinan nafsu makan akan berkurang sehingga menahan anda untuk makan berlebihan.

3. Jangan lewatkan waktu makan
Menurut ahli gizi, Susan Kraus, dari Hackensack University Medical Center, melewatkan makan pada waktunya malah akan menambah nafsu makan. Anda disarankan untuk makan pada waktunya dan memilih makanan yang tinggi karbohidrat kompleks. Makanan berkarbohidrat kompleks membuat perut anda kenyang lebih lama dan membantu menstabilkan gula darah.

4. Minum air
Hipotalamus, bagian otak yang mengendalikan suasana hati dan rasa lapar, mengenali rasa haus layaknya rasa lapar. Maka, ketika rasa haus datang, segeralah minum air agar mencegah keinginan untuk makan. Hindari minuman manis saat haus.

5. Tertawa
Stres adalah pemicu utama datangnya keinginan untuk makan berlebihan. Oleh sebab itu, membuat diri anda tetap bahagia dan tidak stres adalah jalan terbaik. Tertawa merupakan cara sederhana dan mudah untuk menghilangkan stres. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa bisa mengurangi kalori, stres, dan membantu tubuh dalam mengeluarkan hormon endorfin (bahagia).

6. Kunyah permen karet bebas gula
Mengunyah permen karet bebas gula bisa menjadi alternatif untuk mengurangi nafsu makan. Menyibukkan mulut anda dengan mengunyah permen karet akan mengalihkan perhatian anda dari keinginan untuk makan yang lebih besar. Penelitian di Australia menemukan bahwa orang yang sering mengunyah permen karet mempunyai hormon stres 16 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by kampret, Published at 10:23 PM and have