Pragamuri Air New Zealand Dipecat Karena Facebook

Pragamuri Air New Zealand Dipecat Karena Facebook

Para pegawai kini harus berhati-hati kalau menggunakan Facebook. Sebab Facebook kini bisa jadi alat bukti untuk mengetahui apakah seorang karyawan benar-benar sakit atau membolos saat tidak masuk kerja. Hal ini sudah dilakukan sebuah maskapai penerbangan di Selandia Baru.


Maskapai Air New Zealand mengharuskan pragamuri mereka untuk menyerahkan salinan halaman Facebook dan juga catatan rekening bank. Keduanya harus diserahkan untuk membuktikan apakah benar si pramugari tidak masuk karena cuti sakit seperti yang dikatakannya. perlakukan di atas dialami pramugari Air New Zealand bernama Gina Kensington. Gina kini sudah dikeluarkan setelah mengambil cuti sakit saat harus menjaga saudari kandungnya pada Maret 2013 lalu.

Gina membawa kasus pemecatannya ini ke Employment Relations Authority. Ia merasa permintaan perusahaan menyerahkan salinan halaman aktivitas di Facebook dan catatan rekening bank tidak harus dilakukannya. Karena hal tersebut adalah bagian dari privasi. Namun ternyata pihak ERA setuju dengan permintaan Air New Zealand. Menurut mereka data tersebut bisa menjadi hal relevan untuk membuktikan apakah memang Kensington menjalani cuti sakit atau tidak.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by kampret, Published at 12:37 PM and have